5 Cara Sehat Konsumsi Susu agar Khasiatnya Berguna Tepat

Susu menjadi sumber nutrisi yang cocok bagi semua kalangan. Namun, seringkali banyak orang mengolah dan mengkonsumsi susu dengan cara yang kurang tepat. Akibatnya nutrisi penting dalam susu menjadi rusak dan tidak terserap secara optimal. Yuk, kenali bagaimana mengkonsumsi susu berkualitas seperti Dancow Fortigro 400gr agar nutrisi tepat guna!

1. Kombinasikan dengan Nutrisi Lain

Susu menjadi minuman penuh gizi yang memiliki banyak kebaikan untuk kesehatan. Walaupun demikian, pemenuhan nutrisi anak tak bisa hanya dari susu. Anda perlu memberikan nutrisi lain dari makanan yang anak konsumsi. Kombinasikan susu dengan berbagai nutrisi dari sumber karbohidrat, sayur, lauk pauk, dan buah-buahan.

2. Konsumsi Rutin

Anda sebaiknya mengkonsumsi susu secara teratur tiap harinya. Anda perlu membaca tata cara konsumsi pada bungkus susu merk favorit Anda. Tujuannya tentu untuk memaksimalkan nutrisi agar terserap oleh tubuh secara maksimal. Biasanya susu dikonsumsi 2 gelas sehari pada waktu pagi dan malam.

3. Pilih Susu Sesuai Kebutuhan

Ada banyak jenis susu, mulai dari susu full cream hingga susu low fat. Pastikan Anda memilih susu berdasarkan kebutuhan Anda saat ini. Telitilah dengan membaca komposisi dan informasi susu pada kemasan boks yang tertera.

Kebutuhan anak dan orang dewasa tentu berbeda sehingga Anda juga harus aware dan mengkhususkan susu untuk tujuannya. Bagi anak, pastikan susu mengandung kalsium tinggi untuk kesehatan tulang dan gigi serta memiliki omega 3 dan omega 6 yang baik untuk perkembangan otak.

Bagi orang dewasa, pilihlah susu dengan kalsium cukup agar dapat mengurangi risiko osteoporosis. Sementara itu, kebutuhan orang diet tentu harus memilih susu rendah lemak dan bukan full cream yang memiliki kalori lebih tinggi.

4. Jangan Tambahkan Pemanis

Secara alami, susu mengandung pemanis alami berupa laktosa. Dengan demikian Anda tidak perlu menambahkan pemanis tambahan. Jika berlebihan, tubuh akan kelelahan dan kekurangan insulin. Kebanyakan gula berisiko menimbulkan penyakit diabetes melitus tipe 2.

5. Segera Konsumsi

Susu baik segar maupun instan harus segera dikonsumsi segera. Begitupun dengan susu bubuk yang dibuat dengan menambahkan air. Hal ini dikarenakan susu mudah basi sehingga harus segera dihabiskan. Buatlah susu dalam porsi yang secukupnya dalam sekali minum.

Walaupun mudah basi, Anda masih bisa menyimpan susu sementara di mesin pendingin dalam waktu terbatas. Misalnya saja, susu saat sarapan Anda taruh di kulkas dan dikonsumsi saat jam siang. Pendinginan dapat berfungsi untuk menghambat proses pembusukan susu. Namun pastikan Anda mencicipinya tersebut terlebih dahulu agar bisa mengetes apakah susu tersebut sudah basi atau belum.

Dancow Fortigro 400gr merupakan susu berkualitas yang cocok sebagai nutrisi tumbuh kembang anak. Kandungan gizinya lengkap dengan rasa nikmat yang pasti membuat anak enggan menolaknya. Susu Fortigro tersedia dalam dua varian rasa favorit, yaitu instant, full cream, dan coklat. Yuk, penuhi kebutuhan gizi si kecil dengan Fortigro dari Dancow agar aktif bergerak dan tumbuh optimal!