6 Kata Kata Cinta yang Perlu Diberikan untuk Sang Buah Hati

Ketika Anda memiliki momongan, maka Anda harus sering memberikan kata kata cinta kepadanya. Kata-kata yang mengandung cinta diartikan sebagai ungkapan berisi kasih sayang, baik secara emosional maupun verbal. Biasanya ungkapan ini diberikan kepada anak sebagai bentuk pengakuan terhadap apa yang sudah anak lakukan.

Mengapa Memberikan Kata-Kata Berisi Ungkapan Cinta Itu Penting?

Setiap hari anak harus diberikan dan diajarkan tentang kata-kata yang mengandung rasa cinta. Hal ini penting untuk memberikan kepuasan secara emosi dan verbal pada diri anak terhadap segala pengakuan dari kedua orangtuanya. Tak hanya itu, ungkapan cinta ternyata juga dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan kecerdasannya, khususnya kecerdasan intrapersonal (diri sendiri) dan interpersonal (sosial atau orang lain).

Contoh Ungkapan Tanda Cinta untuk Anak

1.   Kamu tahu tidak jika Ayah dan Bunda sayang sekali denganmu?

Ucapkanlah kata sayang kepada anak Anda kapanpun setiap saat. Memberikan ucapan ini akan memberitahu dia bahwa Anda dan pasangan menyayangi dia dengan sepenuh hati. Anak akan merasa dimiliki dan menyadari bahwa keberadaannya diharapkan dan disyukuri oleh orang-orang di sekitarnya.

2.   Menurut kamu bagaimana? Ayah dan Bunda pengen dengar pendapat kamu!

Seringkali orang tua merasa paling tahu terhadap apa yang terbaik bagi anak. Ahasil, kita selalu mendikte anak. Tindakan yang demikian berisiko menjadikan anak sebagai orang yang penakut untuk mengutarakan pikiran dan tidak memiliki pendirian. Cobalah untuk sesekali menanyakan apa yang dipikirkannya agar dia terbiasa berpendapat.

3.   Wah,  kamu hebat sekali! Ayah dan Bunda sangat bangga!

Anak harus didukung untuk selalu berprestasi. Apapun bidang yang dia pilih atau sukai, sekecil apapun hasil yang diperoleh. Berikanlah kata kata cinta berupa ungkapan bangga terhadap jerih payahnya. Anak akan sangat senang dan merasa dihargai untuk kerja keras yang dilakukannya.

4.   Ayah dan Bunda sedang kesulitan. Kami butuh bantuan. Tolong bantu kami ya, Nak!

Ajarkanlah anak menjadi sosok makhluk sosial yang baik. Berikanlah contoh saat Anda membutuhkan dia untuk melakukan sesuatu dengan disertai kata tolong. Hal ini akan membiasakan anak untuk bersikap santun kepada siapapun.

5.   Ayah dan Bunda minta maaf, ya Nak, kalau bikin kamu sedih. Ayah dan Bunda ikut bersedih kalau kamu juga sedih!

Kata maaf juga perlu Anda biasakan dalam berkomunikasi dengan anak. Kebiasaan mengucapkan kata maaf bagus untuk melatih buah hati menjadi pribadi yang mau mengakui kesalahan. Sifat ini akan menjadikan dia tidak egois dan bisa berempati dengan keadaan orang lain di sekitarnya.

6.   Terima kasih, ya, sudah mau membantu Ayah dan Bunda!

Kata bermakna cinta lainnya yang harus Anda berikan yaitu terima kasih. Anak harus dilatih dengan kepekaan menghargai pemberian dari orang lain. Tak hanya terbatas pada barang berwujud, objek lain seperti bantuan dan waktu yang didapatnya juga harus dihargai dengan baik. Mulailah mengajarinya dengan mengucapkan terimakasih kepada anak karena dia sudah mau membantu pekerjaan atau melakukan perintah Anda.

Memberikan kata kata cinta menjadi salah satu tips parenting yang perlu Anda terapkan. Dekatnya hubungan antara orang tua dan anak menjadi alasan paling utama Anda untuk selalu memberikan ungkapan berisi rasa cinta kepada sang buah hati. Anda dapat menemukan inspirasi ungkapan cinta menarik lainnya di Orami Magazine. Banyak informasi, tips, dan artikel menarik tentang parenting yang dapat Anda gunakan sebagai panduan.