CARA SEDERHANA ATASI AC MOBIL HONDA TIDAK DINGIN

Keberadaan AC (Air Conditioner) merupakan komponen penting untuk mengatur suhu kabin mobil. adanya AC akan membuat pengemudi dan penumpang merasa nyaman selama perjalanan. Lantas bagaimana kalau AC mobil honda tidak dingin ?

Terlebih saat cuaca di Indonesia yang cukup panas, tentu AC harus dalam kondisi bagus agar suhu dalam kabin tetap dingin. Selain itu ketika kondisi hujan, AC juga berfungsi untuk menghapus kabut yang berasal dari suhu mobil dan air hujan.

Penggunaan AC yang terus menerus pastinya membutuhkan perawatan agar tetap bisa bekerja secara maksimal. Memang kinerja AC tidak sebagus mobil baru, sehingga kalau tidak bisa optimal membuat suhu kabin terasa panas.

Cara Mengatasi AC Mobil Honda Tidak Dingin

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips atasi AC mobil honda tidak dingin. Untuk selengkapnya bisa dibaca penjelasan berikut ini :

  1. Selalu menjaga kebersihan kabin

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan agar AC mobil tetap bagus adalah selalu menjaga kebersihan mobil. Nah, dengan membersihkan kotoran dan debu setelah perjalanan, akan sangat membantu AC tetap dalam kondisi prima. Terlebih pada bagian karpet adalah tempatnya debu dan kotoran.

  1. Selalu tutup jendela selama berkendara

Ketika berkendara dan AC menyala, pastikan tidak membuka jendela mobil. Hal ini merupakan cara sederhana untuk merawat AC. Kalau jendela dibuka akan membuat banyak debu yang masuk sehingga AC mudah kotor dan kinerjanya semakin berkurang. Bahkan kalau dilakukan terus menerus akan menyebabkan bau tidak sedap dan AC kurang dingin.

  1. Hindari menyalakan AC secara langsung

Ketika mobil baru dihidupkan jangan langsung menyalakan AC. Ketika mesin mobil kinerjanya sudah stabil, baru kamu menyalakan AC. Cara ini paling ringan namun banyak orang yang tidak menyadarinya.

  1. Membersihkan kondensor

Saat kamu mencuci mobil jangan lupa untuk membersihkan bagian kondensor. Mengingat masalah AC itu sering kali terjadi karena kondensornya kotor atau rusak. Jadi ketika mencuci mobil, cuci juga bagian kondensor dan pastikan bersih dari kotoran. Mengingat kalau kondensornya terlalu kotor akan menyebabkan korosi dan kebocoran pada kondensor.

Selain itu kamu juga perlu memeriksa putaran kipas kondensor. Pastikan kipas selalu menyala saat AC mobil dihidupkan. Kalau memang ada masalah, kamu bisa segera membawanya ke bengkel mobil AC MOBIL HONDA terpercaya agar tidak terjadi masalah selanjutnya.

 

  1. Memasang filter kabin

Cara mengatasi AC mobil honda tidak dingin selanjutnya adalah dengan memasang filter kabin. Keberadaan komponen ini sangat penting untuk menyaring berbagai kotoran atau debu yang masuk ke mobil sehingga mesin AC tidak menyedotnya. Ketika service kamu juga perlu melakukan pemeriksaan agar tetap bersih dan mengganti baru kalau sudah tidak layak.

  1. Terjadi kebocoran pada sistem pendingin

Masalah yang sering terjadi ketika AC mobil tidak dingin adalah terjadi kebocoran pada sistem pendingin. Kondisi ini bukan karena tidak pernah merawat AC mobil dengan baik, melainkan memang faktor usia atau part yang digunakan tidak asli.

  1. Terjadi kerusakan kompresor

AC mobil tidak dingin bisa saja disebabkan adanya kerusakan pada kompresor. Jadi agar AC mobil tetap awet kamu harus memperhatikan semua komponennya. Kerusakan pada kompresor ini biasanya ditandai dengan adanya bunyi pada bagian kompresor.

Kerusakan ini bisa terjadi karena cara perawatan yang salah, kebiasaan para pengemudi, dan berbagai hal lainnya. Agar tidak mengalami kerusakan parah, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan secara rutin.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa tips atasi AC mobil honda tidak dingin. Semoga dengan adanya penjelasan ini, kamu lebih paham bagaimana cara benar merawat AC mobil agar kinerja mesinnya tetap optimal.

ac mobil honda tidak dingin
ac mobil honda tidak dingin