cara budidaya ikan koi

Cara budidaya ikan koi dapat menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk pasar dalam negeri atau luar negeri sebab harga jualnya yang sangat tinggi.

Ikan koi adalah ikan yang berasal dari negara Jepang yang sangat digandrungi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Ikan koi dipercaya dapat membawa keberuntungan dan permintannya setiap tahun mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Cara Budidaya Ikan Koi

Agar dapat memperoleh hasil yang optimal maka pemeliharaan juga harus dilakukan dengan dengan baik. Berikut cara budidaya ikan koi yang dapat anda terapkan:

Pilih Indukan Ikan Koi yang Unggul

Hal paling penting dalam budidaya ikan koi adalah pemilihan indukan sebab indukan yang unggul akan menghasilkan ikan-ikan yang berkualitas bagus. Namun Anda juga bisa membeli benih dari pendederan yang jual bibit ikan unggul yang murah.

Indukan yang baik mempunyai warna yang cerah dan juga mempunyai tubuh ideal, gaya bernang yang tenang dan seimbang, dan tidak ada cacat fisik.

Berhasil atau tidaknya bisis budidaya ikan koi ditentuka pada proses pemijahan. Pastikan pemijahan dilakukan dengan tepat

Persiapan Kolam Koi

Kolam yang dibutuhkan untuk cara budidaya ikan koi bisa terbuat dari tanah, terpal, ataupun bak semen. Ikan koi juga bisa dirawat di akuarium saja.

Pastikanlah saluran air selalu terjaga dan mempunyai saringan yang beguna untuk menyaring air agar anakan ikan koi tak terbawa hanyut air. Apabila menggunakan air kolam maka sebaiknya air terkana sinar matahari yang cukup.

Perawatan Ikan Koi

Ikan koi adalah ikan pemakan segalanya atau omnivora dengan pencernaan yang sangat kuat. Di alam liar, ikan koi biasa memakan hewan kecil seperti serangga dan juga tumbuhan seperti alga dan dedaunan.

Untuk perawatannya, ikan koi diberikan makan berupa buah-buahan, roti dan juga nasi. Untuk kebutuhan protein, ikan koi diberikan makan udang kecil dan potongan ayam. Makanan ikan koi sendiri sangat banyak dan mudah ditemukan di pasaran.

Cara budidaya ikan koi yang benar juga harus memperhatikan kandungannya sebab pakan murah biasanya tak mempunai kandungan nutrisi yang seimbang antara protein, karbohidrat, dan juga vitamin. Koi dapat diberikan asupan berupa spirulina untuk membuat warnanya semakin cerah.