gambar unggulan

Budidaya ikan lele di kolam terpal memang sangat mudah ntuk dilakukan, tapi tetap membutuhkan tata cara yang benar. Budidaya ikan lele di kolam terpal memiliki teknik yang berbeda dengan budidaya ikan lele di kolam semen.

Budidaya ikan lele di kolam terpal jika tidak dilakukan dengan benar justru bisa membunuh bibit lele tersebut.

Terpal sangat rawan bocor, jadi hal pertama yang harus Anda periksa adalah bocor atau tidaknya terpal tersebut. Terpal yang bocor membuat air merembes ke dalam tanah, dan dalam waktu singkat lele Anda kehilangan banyak air.

Cara Budidaya Ikan Lele di Kolam Terpal

Perlu diingat bahwa terpal adalah bahan plastik yang memiliki bau. Bau pada terpal bisa menyebabkan ikan lele keracunan.

Jadi sebelum Anda memindahkan lele dalam terpal sebaiknya rendam dulu terpal dengan air untuk menghilangkan baunya. Bahan plastik pada terpal juga membuat terpal mudah untuk menyerap panas matahari.

Budidaya ikan lele di kolam terpal

Jadi ketika siang hari suhu dalam kolam terpal bisa lebih tinggi. Ikan lele bisa hidup dalam suhu air 26 derajat hingga 32 derajat. Suhu yang terlalu rendah atau terlalu tinggi sangat tidak baik untuk lele. Untuk mendapatkan benih lele unggul, lihat syaharafish.com.

Demi mengatasi hal ini, buatlah kolam pada area yang rindang dan tidak terkena paparan matahari secara langsung. Anda juga bisa memindahkan lele ke dalam kolam pada pagi atau sore hari agar airnya tidak panas.

Budidaya ikan lele di kolam terpal sangat perlu memperhitungkan ketinggian air. Jika Anda membuat kolam dengan lubang di tanah maka berhati-hatilah saat hujan turun permukaan air naik.

Masalah yang sering terjadi adalah ikan lele lepas saat air mencapai permukaan tanah atau banjir. Anda perlu menyiasati ini agar lele Anda tidak hilang karena banjir. Anda bisa mengalami kerugian besar jika lele sampai hilang semua karena banjir.

Selalu perhatikan ketinggian air terutama pada musim hujan. Selain ketinggian, kedalaman air ke bawah juga penting. Ini karena kolam yang terlalu dalam akan memberikan tekanan lebih besar untuk ikan. Beberapa jenis ikan budidaya seperti lele tidak bisa hidup di air yang terlalu dalam.

Demikianlah artikel tentang tips budidaya ikan lele di kolam terpal yang semoga bermanfaat.