gambar unggulan

Saat ini ada banyak sekali jenis diet yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan. Namun tak jarang program diet yang dilakukan justru menyiksa karena melarang asupan makanan tertentu dan juga membatasi jam makan.

Selain membuat tidak nyaman, terkadang hasil diet yang dirasakan juga kurang maksimal. Akhirnya jalan pintas pun ditempuh untuk mencapai berat badan yang diimpikan, seperti mengonsumsi obat-obatan tertentu yang diklaim dapat membakar lemak dan menurunkan berat badan dengan cepat.

Padahal penggunaan obat diet tanpa izin dan sembarangan tanpa pengawasan dokter atau ahli gizi bisa berdampak negatif bagi kesehatan, mulai dari gangguan pencernaan hingga kanker yang berbahaya.

Agar terhindar dari efek negatif obat pelangsing tanpa izin, sebaiknya mencoba diet alami yang cenderung lebih sehat dan efeknya baik untuk jangka panjang. Jika Anda masih bingung bagaimana menjalani diet alami dan sehat, berikut ulasan kami. Yuk, simak artikelnya!

Mulai Menghitung Asupan Kalori Harian

Idealnya, ketika Anda melakukan program diet tertentu, Anda harus memastikan bahwa tubuh Anda tetap mendapat asupan nutrisi harian yang cukup. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, diet alami yang bisa Anda coba adalah menghitung kebutuhan kalori harian Anda.

Kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda-beda, tergantung berat badan, tinggi badan, dan jenis kelamin. Namun, rata-rata pria dewasa membutuhkan sekitar 2.500 kalori sehari, sedangkan wanita dewasa biasanya membutuhkan sekitar 2.000 kalori.

Untuk itu, Anda disarankan menghitung sendiri kebutuhan kalori harian Anda untuk mendapatkan angka yang tepat. Jumlah kebutuhan kalori harian dapat diperoleh dengan menghitung BMR dan tingkat aktivitas harian.

Untuk memiliki pola makan yang sehat, Anda perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi. Untuk menyiasatinya Anda bisa mengonsumsi makanan rendah kalori dan meningkatkan intensitas olahraga.

Tingkatkan Asupan Protein

Diet alami selanjutnya yang bisa Anda coba adalah memperbanyak asupan protein dan mengurangi konsumsi karbohidrat. Anda bisa mengonsumsi daging merah untuk memenuhi kebutuhan protein yang berguna untuk pembentukan otot. Namun, sebaiknya pilih daging merah yang tidak mengandung lemak agar lebih sehat.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi dada ayam untuk memenuhi kebutuhan protein. Setengah dada ayam hanya mengandung 3 gram lemak, 142 kalori. Meski rasanya tidak selezat bagian lain seperti sayap dan paha, dada ayam sangat baik untuk kesehatan, terutama bagi Anda yang sedang dalam proses diet.

Cara Diet Alami dengan Membatasi Konsumsi Gula

Diet alami dan sehat yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan mengurangi minuman manis. Perlu Anda ketahui bahwa minuman manis mengandung banyak gula dan kalori tinggi, yang dapat menyebabkan kenaikan berat badan.

Minuman manis juga berpotensi menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis. Agar diet cepat berhasil, Anda perlu menghindari minuman manis berkalori tinggi seperti soda, es teh manis. dan minuman kemasan.

Tidak hanya minuman manis, Anda juga perlu membatasi asupan gula dan makanan manis lainnya. Sama seperti minuman, makanan manis juga memicu lonjakan berat badan yang menggagalkan diet. Oleh karena itu, sebaiknya batasi asupan gula dan makanan manis lainnya agar diet berjalan secara alami dan berat badan Anda cepat turun.

Minum lebih banyak air

Mengkonsumsi air putih yang cukup setiap hari juga merupakan salah satu cara diet alami yang sehat. Air dapat melarutkan lemak dalam tubuh dan memperlancar pencernaan. Sebaiknya minum air putih 30 menit sebelum makan untuk mencegah Anda makan terlalu banyak. Air memberikan efek kenyang lebih cepat sehingga keinginan makan bisa terkontrol. Anda dapat menurunkan berat badan dengan cepat tanpa efek samping.