Cara Efektif Mengatasi Perut Kembung

Pernahkah Anda mengalami perut kembung padahal belum makan terlalu banyak? Atau apakah Anda merasa telah minum terlalu banyak air? Menurut WebMD, ternyata kembung banyak kaitannya dengan jenis makanan atau minuman yang dikonsumsi misalnya seperti terlalu banyak garam, terlalu banyak karbohidrat, minum terlalu banyak minuman ringan, makan dan minum dengan cepat.

Mengatasi Perut Kembung

  • Mengubah Gaya Hidup

Perut kembung sebenarnya dapat diatasi dan dikurangi dengan melakukan perubahan gaya hidup. Jika Anda mengalami obesitas, Anda perlu menurunkan berat badan untuk menghilangkan kembung. Hindari minuman bersoda dan makanan yang menyebabkan kembung, seperti kubis. Selain itu, makanlah secara perlahan.

Jika Anda intoleran laktosa, makanlah makanan yang tidak mengandung bahan susu sapi. Anda juga harus makan probiotik seperti kefir dan greek Yogurt untuk memaksimalkan fungsi bakteri baik di usus Anda. Jurnal Neurogastroenterology and Motility menemukan bahwa 70% pasien dengan sindrom iritasi usus besar setuju bahwa probiotik dapat mengurangi kembung.

  1. Pijat

Memijat perut juga bisa mengurangi kembung. Cobalah pijat perut 15 menit dua kali sehari selama 3 hari berturut-turut. Anda juga dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Letakkan tangan Anda tepat di atas tulang pinggul kanan.
  • Gosokkan tangan Anda ke perut dengan gerakan melingkar, berikan tekanan lembut ke sisi kanan tulang rusuk Anda.
  • Gosok bagian atas perut langsung ke arah tulang rusuk kiri.
  • Perlahan turunkan ke tulang pinggul kiri.
  • Ulangi sesuai kebutuhan.

Rutin melakukannya dapat mengurangi depresi, kecemasan, dan meminimalkan gejala kembung. Jika kembung itu mulai mengganggu aktivitas Anda, cobalah bahan-bahan alami seperti teh chamomile dan mint untuk meredakan kembung. Ingatlah untuk minum air putih secukupnya. Sebaliknya, makanan harus lembut dan mudah dicerna.

  • Hindari Makanan Pemicu Alergi

Saat Anda mengonsumsi makanan penyebab alergi, maka akan memicu produksi gas berlebih sehingga menyebabkan perut menjadi kembung. Berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari untuk menghindari kembung akibat alergi yaitu laktosa, fruktosa, telur, gandum dan gluten

  • Konsumsi Minyak Peppermint

Kapsul minyak peppermint dapat membantu meredakan gangguan pencernaan dan gas berlebih. Produsen sering memasarkannya sebagai pengobatan untuk gejala IBS, tetapi orang tanpa IBS juga dapat menggunakannya untuk mengurangi kembung. Mint bekerja dengan mengendurkan otot-otot usus, memungkinkan gas dan tinja bergerak lebih efisien. Namun efek samping pada beberapa orang adalah banyak buang air besar.

  • Gunakan Essential Oil

Minyak esensial merupakan cairan yang mengandung senyawa tanaman suling. Kata “esensial” mengacu pada fakta bahwa senyawa ini dianggap sebagai “esensi” tanaman. Namun, kini minyak esensial banyak digunakan untuk perawatan di rumah tanpa menggunakan banyak bahan kimia. Berikut adalah beberapa minyak esensial yang direkomendasikan yaitu peppermint, jahe, adas, lemon, dan oregano. Temukan berbagai artikel kesehatan yang lengkap di Orami.co.id.