pakan ayam petelur

Ayam petelur adalah jenis ayam betina dewasa yang secara khusus dipelihara untuk kemudian diambil telurnya. Telur sendiri merupakan protein hewani yang menjadi kebutuhan utama sumber pangan bagi masyarakat.

Tidak hanya memiliki banyak manfaat, telur juga dijadikan sebagai motor penggerak ekonomi masyarakat di berbagai daerah di Indonesia. Oleh karenanya memberikan pakan ayam petelur dengan nutrisi yang tepat penting untuk diperhatikan para peternak untuk mendapatkan hasil yang baik.

 

Selain membelinya secara langsung di toko – toko terdekat, Anda juga bisa membuat pakan ayam sendiri di rumah, misalnya dengan mengikuti langkah berikut ini.

Cara Membuat Pakan Ayam Petelur

Sebagai langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan bahan – bahan pembuat pakan ayam petelur yang dibutuhkan. Seperti antara lain jagung giling, jenis limba pertanian rumah tangga, ampas kedelai, kacang tanah, ampas kelapa, bekatul, dedak padi, sorgum dan singkong.

Lalu, untuk langkah pembuatannya sebagai berikut.

  • Setelah semua bahan sudah dipersiapkan, kini saatnya membuat pakan ayamnya. Jemur di bawah terik mathari semua bahan yang ingin digiling, lalu campurkan kembali selama sekitar 1 atau 2 minggu sampai bahan benar – benar kering.
  • Haluskan semua bahan sampai rata, bila perlu Anda juga bisa menggunakan mesin khusus untuk menghaluskan bahan – bahan tersebut.
  • Jemur kembali bahan yang sudah dihaluskan sampai benar – benar kering.
  • Saat proses penjemuran, Anda bisa gunakan terpal dan menggelarnya di bawah tarik matahari langsung. Tujuannya, agar bahan cepat kering.
  • Jika bahan sudah benar – benar kering, tuang ke dalam ember dan berikan suplemen tambahan ke dalam olahan tersebut. Pemberian suplemen ini bertujuan agar pertumbuhan ayam petelur menjadi semakin cepat.
  • Tambahkan air secukupnya, lalu aduk – aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.

Cara membuat pakan ayam di atas selain mudah juga lebih hemat budget. Tidak hanya itu, dengan membuat pakan ayam sendiri maka produktivitas telur yang dihasilkan jauh lebih baik.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan, sebab beberapa ayam petelur ada juga yang tidak cocok dengan jenis bahan campuran yang dibuat tadi.

Artinya, Anda harus benar – benar memperhatikan ayam – ayam akan memakan pakan dan mencernanya dengan baik. Selain itu, Anda juga harus mencampur bahan – bahan dengan tepat.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara membuat pakan ayam petelur sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.