gangguan umum dan gejala kesehatan yang menyebabkan ejakulasi dini

Gangguan terhadap fungsi seksual dimana seseorang kehilangan kemampuannya dalam mengontrol atau mengatur ereksi pada saat datangnya orgasme sesuai dengan keinginannya, kondisi seperti ini disebut ejakulasi dini, adapun ciri-ciri dan gejala termasuk jenis ejakulasi dini serta faktor risiko akibat ejakulasi dini akan coba kita bahas disini.

Per definisi, ejakulasi dini adalah ketika seorang pria berejakulasi sebelum atau segera setelah penetrasi atau ejakulasi lebih cepat selama hubungan seksual daripada yang direncanakan. Informasi tentang ejakulasi cukup banyak ditemukan dan mudah diakses dimedia online, tetapi masih sedikit orang yang mengetahui bagaimana cara mengatasi ejakulasi dini tersebut, termasuk cara pengobatan, tanda-tanda, jenis dan risiko ejakulasi dini.

Apakah Akibatnya Jika Ejakulasi Dini Terjadi Pada Diri Anda?

Meskipun belum ditemukan secara pasti penyebab dari ejakulasi dini ini, namun beberapa faktor risiko sudah bisa diketahui dengan baik. Disfungsi ereksi dapat menempatkan Anda pada peningkatan risiko ejakulasi dini. Ketakutan akan kehilangan ereksi dapat menyebabkan Anda secara sadar atau tidak sadar terburu-buru melakukan hubungan seksual.

Masalah medis lainnya yang menyebabkan kecemasan saat berhubungan seksual, kondisi jantung yang tidak sehat menyebabkan ejakulasi dini lebih berkembang. Stres dan tertekan secara mental, emosi yang tidak stabil juga dapat berperan dalam mengembangkan ejakulasi dini. Stres dapat membatasi kemampuan Anda untuk rileks dan fokus selama hubungan seksual, obat-obatan tertentu yang mempengaruhi kadar hormon atau neurotransmitter juga dapat menyebabkan ejakulasi dini.

Gejala Umum Yang Menyababkan Timbulnya Ejakulasi Dini

Tanda terjadinya ejakulasi dini secara nyata belum ada batasan waktu yang past, tetapi menurut ISSM mendefinisikan bahwa ejakulasi yang selalu atau hampir selalu terjadi sebelum atau dalam waktu sekitar satu menit dikategorikan sebagai ejakulasi dini.” Salah satu tanda ejakulasi dini adalah hilangnya kemampuan untuk mengontrol ereksi pada sebelum kedua pasangan menginginkannya.

Namun, masalah ini dapat saja terjadi pada setiap pria, hanya saja sekarang seberapa seringkah mereka mengalaminya, jika cuma beberapa kali sepanjang hidupnya itu termasuk normal, jika terjadi pada saat sebelum atau sedang melakukan hubungan seksual maka yang seperti ini perlu untuk dicarikan solusinya.

Ada Beberapa Jenis Ejakulasi Dini Yang Wajib Diketahui

Selain itu penyebab gangguan dan gejala umum yang menyertainya, ejakulasi dini ini juga dapat dikategorikan menjadi dua jenis yaitu:

  • Ejakulasi dini (primer) dimana orang yang mengalami ejakulasi dini jenis ini terjadi secara terus menerus pada saat sebelum melakukan hubungan seksual
  • Ejakulasi dini (sekunder) ini dapat terjadi pada seseorang dalam beberapa kali selama masa hubungan seksualnya.