gambar unggulan

unnamed 9

Promosi besar-besaran saat Harbolnas 12.12 memang membuat barang-barang idaman serasa bisa dibeli dengan harga terjangkau. Apalagi banyak fintech yang tawarkan kemudahan kredit online cicilan bulanan dengan bunga rendah banget. Siapa yang tahan dengan godaannya?

Namun jangan salah, sebab tak sedikit yang terlena, kemudian berakhir boncos di akhir tahun. Bagaimana menghindarinya?

Simak tips di bawah ini, supaya dompet tetap aman di momen Harbolnas.

1. Pakai Fitur Wishlist

Beberapa E-commerce membuat fitur khusus yang membuat pelanggannya bisa memasukan daftar barang keinginan di sebuah tempat. Kamu bisa memanfaatkan hal ini untuk menghindari menjadi kalap ketika Harbolnas 12.12 sedang berlangsung. 

Fitur Wishlist ini bisa kamu jadikan sebagai daftar belanja kebutuhan atau barang yang sudah kamu idamkan sejak lama. Patuhi aturan yang sudah kamu buat dengan dirimu sendiri, supaya anggaran untuk kebutuhan lain, termasuk liburan akhir tahunmu terselamatkan.

2. Sesuaikan Budget

Menentukan budget menjelang Harbolnas 12.12 penting untuk dilakukan. Jangan sampai berbelanja tanpa membuat anggaran terlebih dulu, terutama bagi kamu yang memiliki kecenderungan berbelanja secara impulsif. 

Melihat barang yang imut, langsung checkout. Ada diskon gila-gilaan, otomatis masuk keranjang, meski tidak butuh-butuh amat. Nah, di sinilah pentingnya menentukan budget sebelum berbelanja, terutama untuk menghindarimu dari ke-bokek-an dan menyesal di akhir. 

Solusinya, buatlah anggaran kemudian patuhi serta konsisten membeli hanya apa yang ada di daftar belanjaan. 

Selain itu, kamu juga masih bisa memanfaatkan kredit online cicilan bulanan misalnya dari fintech tepercaya seperti Kredivo. Terdaftar dan memiliki izin operasional resmi dari OJK. Kredivo memberikan tenor fleksibel untuk cicilan belanja barang hingga 12 bulan cuy!

Hebatnya lagi, ada cicilan 3 bulan tanpa bunga sama sekali. Cuma bayar biaya adminnya aja sebesar 3% sekali aja. Tapi, kalau mau pilih opsi tenor 6 atau 12 bulan, bunganya pun masih paling rendah dibandingkan perusahaan sejenis kok. Bunga Kredivo cuma 2,6% saja kok per bulannya. Cincai banget kan!

Paling penting adalah limitnya yang maksimal banget sampai dengan Rp30 juta khusus member premium. Nah, mumpung daftarnya instan, buruan download aplikasi Kredivo sebelum gelaran 12.12 mulai. Bisa dari App Store ataupun Google Play Store. 

3. Cari yang Termurah

Salah satu keuntungan Hari Belanja Online adalah kamu bisa mendapatkan harga murah. Namun jangan terpaku pada satu tempat. Trik anti boncos menjelang Harbolnas adalah mencari barang incaran di beberapa toko sekaligus untuk mencari yang termurah. 

Sebab, ada banyak penjual yang menawarkan barang yang serupa, bahkan sama persis, namun dengan harga yang berbeda. Lakukan riset kecil-kecilan dengan membandingkan harga antara satu toko dengan toko lainnya. Kamu juga bisa menengok marketplace lain yang menjual item serupa, lho. 

Buatlah perhitungan harga, misalnya dari promo yang ditawarkan, termasuk diskon, kupon belanja, serta biaya ongkir. Hal ini memungkinkanmu untuk mendapatkan harga dan penawaran yang termurah. 

4. Teliti Membaca Diskon

Masih banyak orang yang belum bisa menghitung harga beli setelah diskon, terutama jika penjual hanya memajang harga awal beserta promo diskonnya saja. Nah, supaya tidak “terjebak” kamu harus tahu cara menghitungnya, terutama jika ada potongan yang dibuat bertumpuk. 

Misalnya ada barang yang dijual seharga Rp. 200.000,00 kemudian didiskon 50% + 20%. Hal ini bukan berarti diskonnya menjadi 70%. Arti sebenarnya adalah harga awal dikurangi potongan 50%, jika sudah ketemu hasilnya, baru didiskon lagi 20 %. Begini cara mudah menghitungnya. 

200.000 x 50/100 = 100.000

200.000 – 100.000 = 100.000 (harga dengan diskon 50%)

100.000 x 20/100 = 20.000

100.000 – 20.000 = 80.000 (harga akhir dengan diskon 50% = 20%).

5. Teliti Barang yang Akan DIbeli

Salah satu hal yang tidak bisa dihindari dari belanja online adalah pembeli tidak dapat  mengecek dulu barang yang akan dibeli. Sebagai customer, kamu harus benar-benar memperhatikan detail barang yang tertulis di deskripsi produk. Pastikan kualitasnya sama dengan yang kamu inginkan. 

Jika itu pakaian, memastikan size-nya sama dengan ukuran bajumu adalah hal terpenting. Begitu pula dengan jenis bahannya, tipis atau tidak, nyaman untuk dipakai atau tidak. Cek juga testimoni pelanggan lain, untuk membantumu memutuskan jadi membeli barang tersebut atau tidak. 

Kamu juga bisa bertanya pada penjual melalui fitur chat, jika dirasa deskripsi produk kurang jelas. Pertimbangkan pula ada atau tidaknya sistem retur barang atau pengembalian dana jika barang tidak sesuai dengan yang ditawarkan. 

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu antisipasi supaya tidak bonces saat Harbolnas 12.12 tiba. Semoga bermanfaat!