NVME sendiri memiliki kepanjangan Non-Volatile Memory Express, yang mana merupakan perangkat penyimpanan dengan inisiatif terbaru yang membantu kinerja blog atau situs web menjadi lebih baik, terutama dalam hal kecepatan dan respon waktu yang tinggi.

Jadi, entah itu hosting ataupun VPS, server fisik ini berjalan dan menggunakan penyimpanan solid-state bernama NVME. Secara spesifiknya, drive tersebut menggunakan antarmuka PCIe yang dirancang untuk memberikan kecepatan luar biasa saat transfer data dilakukan, serta menawarkan kinerja keseluruhan yang lebih baik.

Jauh lebih baik digunakan jika kamu punya uang berlebih. SSD dan antarmuka HDD secara standar cocok dengan motherboard server yang melalui koneksi IDE atau SATA.

SATA ini awalnya dirancang untuk digunakan dengan HDD dan menjadi antarmuka paling umum untuk menghubungkan SSD awal. Bahkan tidak butuh waktu yang lama bagi teknologi SSD untuk mencapai ambang batasnya dengan SATA.

Hanya saja, SSD tidak dapat memberikan kecepatan yang diharapkan karena keterbatasan antarmuka SATA itu sendiri. Jadi solusinya adalah pengembangan teknologi non-volatile memory express, atau NVME.

Hosting NVME Jauh Lebih Baik Dari Hosting SSD

Pembuatan NVME ini terbilang cukup masif, karena pada tahun 2009, lebih dari 90 perusahaan membentuk NVM Express Workgroup untuk memulai pekerjaan teknis pada drive NVME tersebut.

Bukannya mengandalkan throughput SATA yang terbatas, para pengembang NVME ini malah membuat protokol untuk berinteraksi dengan bus PCI express.

Jadi, silahkan saja jika kamu ingin menggunakan NVME hosting, dijamin kecepatannya begitu bisa diandalkan. Apalagi jika website kamu memang membutuhkan pengembangan dari sisi SEO, maka penggunaan NVME jauh lebih baik dan dapat diandalkan.

Kecepatan halaman untuk ter-load sangatlah mempengaruhi SEO. Kecepatan halaman tersebut bahkan sudah menjadi faktor peringkat secara langsung. Fakta ini sudah lama diketahui semenjak adanya “pembaruan kecepatan algoritma Google” yang dikeluarkan beberapa tahun yang lalu.

Tetapi kecepatan sebuah website haruslah diimbangi dengan konten yang menarik dan bermanfaat, karena akan mempengaruhi rasio pentalan dari website itu sendiri. Jika misalnya para visitor kita malah kembali beberapa detik bahkan setelah website terbuka dengan cepat, maka dapat juga mempengaruhi faktor SEO secara negatif.

Jadi tujuan kita adalah menggunakan NVME hosting sekaligus memberikan konten yang berkualitas tinggi, maka para visitor akan betah berlama-lama di website kita, sehingga algoritma Google pun akan menilai bahwa website kita memang layak berada di urutan pertama hasil pencarian mereka.

Selanjutnya, NVME hosting juga dibutuhkan jika misalnya kamu memiliki banyak sekali visitor, karena akan tetap stabil sekalipun permintaan datanya melonjak tinggi. Jangan sampai visitor naik tetapi hostingnya menjadi memble, bisa-bisa penjualan dan tingkat konversi kamu menjadi menurun drastis. Demikian pembahasan mengenai perbandingan nvme hosting vs ssd hosting. Yuk lanjut bahas lebih detail.