Jenis-jenis Bawang Merah di Indonesia- Bawang merah adalah kudapan nusantra karena  menjadi salah satu bumbu masak utama. Bawang merah mengandung zat pengatur tumbuh alami yang berupa hormon  auksin dan giberelin.

Ternyata bawang merah ada beberapa jenis bahkan dalam satu daerah saja memiliki banyak variasi. Berikut ini jenis-jenis bawang merah yang ada di Indonesia yang mungkin kamu belum ketahui

Bima Brebes

Variasi bawang ini merupakan asli dari kota Brebes. Waktu panen yang dibutuhkan bawang ini adalah 50 hingga 60 hari untuk bisa dipanen.  Ukuran bawang ini tidak terlalu besar bentuk umbinya lonjong dan warna umbinya merah muda.

Kuning

Bawang kuning juga berasal dari kota Brebes , meski namanya kuning tapi warnanya merah gelap. Bentu umbinya silindir tapi agak besar seperti pipa, bawang ini berbentuk bulat dengan ujungnya yang meruncing.

Maja cipanas

Salah satu ciri dari bawang ini adalah gemuk-gemuk. Mudah berbunga sendiri secara alami, ciri-ciri bawang merah ini adalah memiliki bentuk daun yang silindris dan berlubang umbinya berbentuk bulat dan warnanya merah muda.

maja min

Kramat 2

Bawang hasil persilangan dari maja cipanas dan bawang bombai. Berbeda dengan indukannya bawang ini bulat tapi dibagian lehernya agak besar dan gak langsing. Warna dari bawang merah ini pucat banyak dikembangkan didaerah Maja, Brebes, Tegal dan Probolinggo.

Mentes

Mentes bukan  variasi asli tapi dikembangkan dari balai penelitian tanaman. Tanaman hasil persilangan dua jenis bawang. Bawang mentes dapat dipanen 50-58 hari tanam dan menghasilkan bawang merah dengan umbi yang berbentuk pipih tapi agak bulat.

Pancasona

Tanaman  ini memiliki ciri-ciri  yang daun berwarna hijau agak tua dan setiap buahnya memiliki 5-6 helai daun saja.  Warnya paling gelap merah keunguan, untuk ukuran bawang ini bisa menjadi sangat besar.

Sembrani

Hasil persilangan dari bawang merah Thailand dan bawang bombai. perbedaan bawang ini dengan bawang variasi lainnya, daunnya berwarna hijau, bentuk umbinya sangat bulat dengan warna merah pucat. Bawang ini mampu bertahan 2-4 bulan setelah panen.

Trisula

Bawang yang bernama unik ini memang memiliki seperti yang ada pada dewa mitologi,. Ini terjadi karena umbinya panjang, pipih dan runcing.  Daun dari bawang berwarna hijau tua sedangkan umbinya merah tua.

Violetta 2 Agrihorti

bawang ini merupakan persilangan dari bawang sembarani dan kramat. Variasi bawang yang paling lama untuk bisa dipanen, karena bawang ini baru akan berbunga setelah 70 hari tanam.  Variasi bawang ini paling lama untuk bisa dipanen. Umbi  bawang  ini yang bulat dan berwarna merah muda.

Itulah jenis-jenis bawang merah yang ada di Indonesia, jadi  sekarang kalian sudah tahu  sering membeli bawang merah jenis apa?