khasiat daun pepaya jepang

Banyak rumor yang muncul di masyarakat seputar daun pepaya jepang. Sejumlah info mengatakan bahwa daun pepaya jepang beracun. Padahal ada banyak manfaat daun pepaya jepang yang baik untuk tubuh Anda.

Sebenarnya Anda hanya perlu memahami bagaimana cara mengolah sayuran ini dengan tepat. Sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat daun pepaya jepang dengan optimal dan menghindari efek sampingnya dengan efektif.

manfaat daun pepaya jepang

Kenapa Daun Pepaya Jepang Dianggap Berbahaya?

Dalam daun pepaya jepang memang terbukti mengandungunsur toksik bernama hidrogen sianida (hydrogen cyanide, disingkat HCN). Senyawa toksin ini menghambat sistem tubuh dalam memanfaatkan oksigen. Akibatnya seluruh tubuh akan mengalami gangguan atau kondisi sistemik. Ini karena seluruh tubuh akan kekurangan suplai oksigen.

Hanya saja, masalah HCN ini baru menjadi ancaman serius ketika berada pada kadar 0,5 – 3,5 mg / kg berat badan. Artinya, mereka dengan berat badan 60 kg akan mengalami ancaman HCN setelah mendapatkan asupan HCN sebanyak 30 mg.

Pada daun pepaya jepang mentah, kadar HCN dari tiap 100 gram adalah sekitar 27 mg. Ini tampaknya ancaman serius. Namun, daun pepaya jepang tidak lazim dikonsumsi saat mentah. Merebus atau menumisnya hingga lemas sekitar 15-20 menit akan membantu menurunkan level HCN hingga kadar yang sangat rendah bahkan mendekati netral. Jadi sebenarnya mengonsumsi daun pepaya jepang yang telah matang karena pengolahan sebenarnya sepenuhnya aman.

Apa Saja manfaat Daun Pepaya Jepang?

Kini kita telah paham bahwa daun pepaya jepang hanya akan berbahaya bila Anda konsumsi saat mentah. Justru ada banyak manfaat daun pepaya jepang yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Beruntungnya, daun pepaya jepang tidak akan kehilangan nutrisinya dalam jumlah signifikan meski sudah Anda olah dalam masa 20 menit. Jadi setelah Anda olah dan panaskan, Anda masih bisa mendapatkan manfaat sayuran ini dengan baik. Dan berikut adalah sejumlah manfaat daun pepaya jepang.

Baik untuk daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C di dalamnya relatif tinggi, sekitar 200 mg untuk tiap 100 gramnya. Vitamin C penting untuk mendorong imunitas tubuh. Vitamin C terkenal membantu menjaga tubuh dan mempercepat penyembuhan segala jenis gejala infeksi. Juga terbukti baik untuk memperbaiki fungsi produksi sel sel darah putih. Bahkan menjadi sebagai salah satu unsur antioksidan dan anti kanker.

Baik untuk anemia

Dalam daun pepaya jepang juga mengandung unsur zat besi yang 2 kali lebih banyak dari bayam. Zat besi adalah unsur mineral penting yang dapat bekerja membentuk sel darah merah dan mengatasi anemia.

Baik untuk kesehatan tulang dan otot

Manfaat daun pepaya jepang lain adalah perannya terhadap kesehatan tulang dan otot. Ini berkat kandungan kalsium yang sebanyak 300 mg untuk tiap 100 gramnya. Tidak hanya itu, dalam daun pepaya jepang juga terkandung unsur protein dan unsur asam amino yang berlimpah. Ini akan sangat membantu dalam pembentukan otot.

Baik untuk kesehatan pencernaan

Kandungan serat dalam daun pepaya jepang sekitar 111% dari kandungan serat dalam bayam. Serat larut dan tak larut dalam daun pepaya jepang ini akan membantu menjaga pencernaan berjalan lancar, pembuangan berjalan baik dan membantu mencegah pencernaan menyerap unsur lemak berlebihan.

Baik untuk kesehatan mata

Khasiat daun pepaya jepang terakhir yang juga tidak kalah penting adalah efeknya terhadap kesehatan mata. Komponen betakaroten dalam daun pepaya jepang ternyata relatif tinggi. Ini di dalam tubuh akan diolah menjadi vitamin A. Dan vitamin A jenis ini sangat baik untuk merawat kondisi indera penglihatan. Kabar baiknya, betakaroten memiliki efek lebih aman di dalam tubuh dibandingkan jenis vitamin A dari unsur hewani.

Itulah gambaran manfaat daun pepaya jepang. Ternyata alih alih dianggap berbahaya dan beracun, dengan pengolahan yang tepat Anda bisa mendapatkan manfaat yang banyak dengan mengonsumsi sayuran daun pepaya jepang ini.