memelihara ikan louhan dari kecil

Cara memelihara ikan louhan dari kecil membutuhkan ketelatenan. Dengan pengetahuan yang baik tentang jenis ikan hias ini dan pengalaman akan meningkatkan kemampuan kita dalam merawat louhan hingga besar dan bernilai jual tinggi.

Ikan louhan termasuk jenis ikan hias yang mahal harganya. Apalagi bagi para penghobi dan kolektor ikan hias, louhan memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga potensial juga untuk usaha sampingan.

Cara Memelihara Ikan Louhan Dari Kecil

Dengan perawatan yang tepat, ikan Anda tidak akan mudah mati tentu saja. Berikut tata cara perawatan ikan louhan yang bisa Anda lakukan di rumah!

Memberi Pakan Dengan Jumlah Yang Tepat

Makanan ikan louhan ada yang alami dan buatan. Bagi Anda yang ingin memberikan pakan alami  bisa menggunakan anak ikan mas, anak lele, udang, cacing sutera, cacing darah dan jangkrik.

Untuk pakan ikan, ada baiknya juga Anda kombinasikan pakan alami dengan pakan buatan yang didukung nutrisi kompleks. Anda bisa beli di tempat pendederan bibit ikan lele atau nila, pasti banyak di daerah Anda. Beli secara online juga bisa.

Pemberian pakan juga harus Anda perhatikan. Berikan pakan secara cukup sampai ikan kenyang.  Cara mudah untuk mengetahui apakah ikan louhan sudah kenyang atau masih lapar yakni jika pakan yang diberikan masih tersisa banyak atau ikan louhan melahap pakan dengan pelan artinya ikan louhan sudah kenyang.

Jika Ikan Sakit, Segera Cari Obatnya

Ikan louhan terkenal dengan ikan yang sangat rentan untuk terkena penyakit oleh karena itu jika Anda merawat ikan louhan usahakan Anda mengetahui berbagai penyakit yang biasa menginfeksi ikan louhan ini.

Salah satu penyakit yang biasa menginfeksi ikan louhan adalah white spot. Tanda mudah mengenali penyakit ini ialah adanya bintik putih pada sisik ikan. Namun tidak perlu khawatir karena penyakit white spot ini bisa diobati.

Salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mengobati ikan louhan adalah dengan menggunakan antibiotik khusus louhan yakni ciproflozatin.

Demikianlah beberapa cara memelihara ikan louhan dari kecil yang bisa Anda terapkan. Ketramplan dalam perawatan ikan hias ini akan berguna karena nilai jual ikan hias ini yang sangat tinggi. Selamat mencoba.