Tips memilih pinjaman bagi yang akan memulai suatu usaha baru. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis pinjaman, jenis-jenis pinjaman, dan kelebihan dari pinjaman tanpa jaminan dan pinjaman dengan jaminan.

Pinjaman Tanpa Jaminan

Tips memilih pinjaman pertama pinjaman tanpa jaminan (kredit tanpa agunan/KTA) adalah jenis pinjaman tanpa menjaminkan agunan / jaminan apapun ke suatu lembaga pembiayaan perbankan. Mengenai suku bunga untuk pinjaman tanpa jaminan relatif murah dengan suku bunga yang ditawarkan berkisar 0,7 % per bulan atau setara 8,4 % per tahun dengan dukungan pembiayaan / pendanaan perbankan. Syaratnya relatf mudah cukup dengan melampirkan fotokopi KTP pengaju atau jika sudah menikah melampirkan KTP pasangan (istri), kartu keluarga, dan mengisi formulir pengajuan untuk diajukan oleh marketing pinjaman KTA.

Proses pengajuan pinjaman KTA memakan waktu 5-7 hari kerja. Kesemuanya itu bergantung dari proses tahapan awal pengecekan BI Cheking pengaju dan pasangan serta verifikasi perbankan ke calon debitur dan pengecekan kebenaran emergency kontak yang dilampirkan. Jika pengajuan pinjaman tanpa jaminan (KTA) disetujui maka calon debitur dan pasangan datang ke kantor untuk tanda tangan kontrak perjanjian kredit dimana untuk tahapan berikutnya akan dilakukan pencairan dana ke tabungan rekening yang dilampirkan nasabah.

Kelebihan dan kekurangan pinjaman tanpa jaminan (KTA), mengenai persyaratan tidak terlalu rumit hanya melampirkan foto kopi data pengaju (KTP,KK) dan mengisi lembar pengajuan. Hanya mengenai kekurangannya prosesnya relatif lama 5-7 hari kerja, dan adanya pengecekan BI Cheking ketat, dimana calon debitur akan tercek pinjaman apa saja yang pernah dipinjam baik yang masih jalan ataupun sudah selesai masa pinjamannya baik di leasing ataupun perbankan.

Pinjaman Dengan Jaminan

Tips memilih pinjaman yang kedua yaitu pinjaman dengan jaminan baik jaminan sertifikat rumah atau bpkb kendaraan atau yang umum disebut dengan gadai bpkb kendaraan ke leasing. Pinjaman dengan jaminan membutuhkan persyaratan yang lengkap, selain data pengaju KTP pengaju dan KK, persyaratan lainnya yang harus dilampirkan yaitu slip gaji (pegawai) atau surat keterangan usaha (SKU) bagi wiraswasta, bukti rumah tingggal berupa PBB atau rekening listri dan mutasi tabungan calon debitur 3 bulan terakhir dan data jaminan yang akan dijaminkan STNK & BPKB (untuk jaminan kendaraan) atau buku sertifikat hak milik (untuk jaminan sertifikat rumah). Untuk pinjaman jaminan BPKB kendaraan membutuhkan waktu 2-3 hari kerja sampai pengajuan itu disetujui. Sedangkan untuk pinjaman jaminan sertifikat rumah memakan waktu 3 minggu s/d 1 bulan sampai pengajuan disetujui.

Mengenai kelebihan dan keurangan dari pinjaman dengan jaminan. Pinjaman jaminan kendaraan memiliki kelebihan tersendiri disamping persyaratan yang dilampirkan harus lengkap. Mengenai perihal BI cheking, di pinjaman jaminan kendaraan bisa dikesampingkan sedangkan di pinjaman jaminan sertifikat rumah pengecekan BI cheking cukup ketat seperti halnya pinjamam tanpa jaminan atau KTA

Berikut adalah bahasan mengenai tips memilih pinjaman untuk memulai usaha baru. Semoga menjadi alternatif dan pemikiran dalam hal memilih pinjaman untuk tambahan modal memulai usaha baru