yoga

Semenjak pandemi, kita diwajibkan untuk menghambat kesibukan di luar rumah, juga olahraga di tempat gym langganan. Walaupun kondisi memaksa kita untuk berkegiatan bersama segala keterbatasan yang ada, olahraga tetap wajib dikerjakan karena kesegaran adalah prioritas utama. Makanya, yuk simak tips olahraga di masa pandemi tersebut ini!

Hal yang Wajib Dilakukan Selain 3M: Olahraga

Protokol kesegaran 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, Mencuci Tangan) yang tetap kita lakukan adalah cara ampuh untuk meminimalisir diri dari paparan virus COVID-19 Kalau diibaratkan, 3M adalah bisnis kita untuk merawat diri dari eksternal.

Namun, merawat dari segi eksternal saja gak cukup.

Kita juga wajib merawat dari segi internal, bila mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin tambahan, berjemur, dan berolahraga untuk menambah imunitas tubuh.

Hasil penelitian dari University of Virginia School of Medicine perlihatkan bahwa olahraga bisa mencegah dan kurangi risiko terkenanya Acute Respiratory Distress Syndrome (ARDS) yang merupakan tanda-tanda perburukan dari COVID-19

Rekomendasi Olahraga di Masa Pandemi

Olahraga di tempat tinggal adalah cara praktis dan menyehatkan karena tubuh aktif bergerak dan meminimalisir penularan COVID-19. Berikut kesibukan olahraga di tempat tinggal yang bisa kamu coba:

Lompat tali (Skipping)

Kamu bisa manfaatkan tali spesifik untuk lakukan skipping di halaman atau di dalam rumah. Dengan skipping, kamu bisa menambah koordinasi tubuh, menguatkan otot kaki, dan pastinya menyehatkan jantung.

Yoga

Siapa bilang yoga hanya bisa dikerjakan oleh expert? Sebagai pemula, kamu bisa coba gerakan yoga yang ringan dan jangan lupa temani yogamu bersama playlist yang menenangkan. Lewat yoga, kamu melatih keseimbangan, menguatkan tulang, dan kurangi stres. Kamu bisa beli perlengkapan yoga disini

Indoor Walking

Sesuai namanya, kamu bisa melakukannya di di dalam rumah. Caranya adalah, dari setiap panggilan telephone yang diterima, kamu bisa memutari tempat tinggal dari luar hingga ke dalam.

Dengan begitu, kamu bisa lakukan dua hal bermanfaat sekaligus, yakni merampungkan pekerjaan atau menerima kabar dari orang terdekat dan juga menyehatkan tubuh.

Tips Berolahraga yang Aman dan Nyaman Saat Pandemi

Jika kamu terpaksa berolahraga di luar ruangan, tersebut 3 tips yang wajib kamu ikuti:

Pertama dan Utama, Masker

Masker adalah barang yang gak boleh kelewat untuk kamu bawa, apalagi kala olahraga di luar rumah. Selain mengenakannya, jangan lupa untuk mempunyai masker cadangan. Kalau masker dirasa sudah basah oleh keringat, segera ganti, ya! Karena masker sudah gak efisien lagi kalau dipakai di dalam kondisi basah.

Bersihkan Tangan Sesering Mungkin

Walaupun tengah berolahraga, tanganmu tetap wajib di dalam kondisi higienis. Memang idealnya membasuh tangan bersama air mengalir dan sabun, namun tips lain yang bisa dikerjakan adalah mempunyai hand sanitizer bersama kadar alkohol minimal 60%.

Cari Tempat Sepi

Carilah tempat olahraga yang sepi dan gak banyak orang, karena ini mirip bersama komitmen salah satu 3M, yakni Menjaga Jarak. Dengan berolahraga di tempat sepi, kamu bisa kurangi risiko penularan COVID-19 karena hindari kerumunan.

Kalau di kurang lebih mu sepi dan gak tersedia orang, kamu bisa melepas masker sejenak untuk mendapat asupan oksigen yang maksimal dan simpan masker ke di dalam tisu. Jangan turunkan ke dagu, ya!

Selain tetap lakukan olahraga di masa pandemi, jangan lupa untuk tetap menerapkan 3T (Tracing, Testing, Treatment) dan VDJ (Ventilasi-Durasi-Jarak) supaya kamu dan keluarga bisa terlindungi dari virus COVID-19.